Love Indo

Kamis, 10 Maret 2011

GD, “Big Bang adalah grup yang memiliki impian besar saat membicarakan musik!”

Ini masih lanjutan dari wawancara Big Bang dengan 10Asia. Baca part sebelumnya disini
Q: Kupikir ada hal-hal yang diijinkan publik untuk kau lakukan karena ada semacam image. Contohnya, bermain gitar di lagu  “TONIGHT”, lalu menghancurkannya, dapat dengan mudah terlihat seperti pertunjukkan tapi diterima karena yah, inilah Big Bang.
GD: Kupikir ini masalah kepercayaan dan kami datang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan apapun yang kami lakukan akan terlihat baik-baik saja. Dan itulah mengapa kami melakukan hal2  itu tapi itu terserah kami yang memastikan apakah itu berlebihan atau aneh dimata orang. Tentu saja kami sebenarnya malu juga, ini bukan seperti kami benar-benar bermain gitar tapi akan terlihat seperti itu jika kami terus berpikir itu memalukan.
Q: Sebagai tim yang melakukan musik yang kamu inginkan, kamu pasti punya banyak pendapat tentang bagaimana grup idola seperti TVXQ atau SS501 yang berpisah dan menjalani jalan masing-masing.
GD: Tentu saja karena mereka adalah senior dan junior kami. Alasannya kami yang berakhir sedikit berbeda dengan mereka adalah bahwa kami menyelesaikan perbedaan kami melalui musik dan dengan aktivitas solo. Jadi kupikir itulah mengapa kami tidak banyak berselisih ketika kembali sebagai BIGBANG dibanding grup lain. Kupikir ini hanya masalah bagaimana mereka menyelesaikan masalah, jadi akan lebih baik jika melihat lebih jauh dalam sudut pandang yang lebih luas.
Q: Apa maksudmu dengan melihat lebih jauh?
G-Dragon (GD): Kupikir berhubungan dengan ketamakan. Kami telah menjadi Big Bang selama 6 tahun, tapi kami mencoba untuk menyingkirkan ketidakpuasan sistematik yang kami miliki sebanyak yang kami bisa lakukan di aktivitas kami. Dan bahkan ketika ada, kami mencoba untuk mengeluarkannya dengan cara lain. Jadi kami ingin menetapkan contoh dalam artian tersebut.
T.O.P: Kupikir mengubah cara pandang orang adalah dengan apa yang harus kita lakukan sebagai senior pada seniman lain. Dan seperti yang kami miliki yaitu  memiliki kepercayaan pada fans, maka masyarakat juga harus memberikan kepercayaan pada artis yang mereka sukai.
GD: Yang tidak kusukai sebagai seniman adalah uang selalu diperbesar sebagai satu-satunya masalah saat terjadi peristiwa demikian di Korea. Aku yakin ada banyak masalah termasuk didalamnya, seperti diantara member grup atau perbedaan pendapat mengenai musik yang mereka lakukan untuk mencapai titik tertentu, jadi  itu memalukan jika masalah diantara grup idola selalu dinilai berhubungan dengan uang. Itulah bagaimana orang akan memandang kita jika itu tidak benar. T.O.P mengatakan ia menerima pertanyaan hanya tentang KARA dan TVXQ saat ia berkunjung ke Jepang. Aku tidak menyukai  kenyataan pandangan yang terbentuk tentang grup idola Korea.
T.O.P: Orang asing semakin tertarik pada Hallyu, berpikir ini misterius, disatu sisi membuatku sedih dan berpikir bahwa penyanyi korea dipandang hanya dengan cara itu tapi aku pikir kita juga harus bekerja lebih keras.

Q: Bahkan Hallyu yang juga bergerak dengan konteks uang cukup banyak dan kupikir grupmu berbeda. Kupikir fakta bahwa MV  ”TONIGHT” dilihat 2 juta orang di YouTube dan berperingkat tinggi di iTunes menunjukkan bahwa musikmu menarik pendengar sebagai musik itu sendiri, daripada bagaimana itu dipromosikan secara komersial.
T.O.P: Aku tidak berpikir bahwa kami banyak dilihat di YouTube karena kami terkenal. Kupikir itu karena aktivitas solo kami seperti album solo Taeyang atau album duo GD&TOP telah mengaduk rasa penasaran akan musik kami diantara orang-orang asing. Taeyang baru2 ini mengunjungi Amerika dimana ia bertemu banyak seniman dan ia bilang bahwa mereka penasaran tentang Korea. Dulu, kami berpikir bahwa banyak hal tentang masyarakat Korea yang akan menyukai ketika kami syuting video, jadi itu lebih menarik untuk berpikir akan banyak orang yang nelihatnya juga terasa seperti jika kami berkompetisi dengan artis asing.
GD: Kami bangga pada fakta kami dikenal karena musik terlebih dahulu dan itu membuat kami lebih bekerja keras. Alasan kami memiliki lebih banyak kesenangan dengan promosi album atau hanya bekerja hari-hari ini adalah kami cenderung bekerja lebih keras karena kami berada di bawah penentuan apakah album ini dapat pergi ke negara manapun.
Q: Apakah kau merasa ada semacam persaingan? Musik YG berasal dari orang Amerika kulit hitam, jadi tidakkah kau ingin membuat gaya Korea dalam musik untuk merespon nya?
Taeyang: Perusahaan kami, begitu juga dengan diriku, memulai dengan musik tersebut tapi kami menggali lebih dalam seiring waktu dan memadukannya dengan perasaan Korea yang kupikir itu menyegarkan diluar negeri. Sebelumnya kami terburu-buru menangkap musik mereka tapi aku harus bilang kalau kami sekarang dalam proses berdiri di tanah kami sendiri.
Q: Ketika ini diterapkan dalam album yang kalian rilis sebagai Big Bang tapi aktivitas solo kalian menjadi penting, terutama terkait pada bagaimana menghadirkan variasi musik. Tidak bisa kah kau mengatur kedua aktivitas itu pada waktu yang sama?
Taeyang: Mungkin, tapi tidak mungkin sekarang tapi kami pikir akan baik juga untuk melakukannya dimasa datang untuk grup maupun masing-masing member. Kami tau ada banyak orang ingin BIGBANG tapi ada penampilan berbeda yang ingin kami berikan dan genre berbeda yang ingin kami lakukan. Kupikir menghadirkan musik kapanpun kami punya waktu dan siap adalah ide yang bagus.
GD: Apa yang selalu membuatku iri dari pasar musik luar negeri adalah tidak peduli artis populer merilis album pertama kalinya setelah sekian lama atau membuat lagu bersama teman-temannya sebulan, semua dikatakan musik yang sesungguhnya. Tapi di negara kami, grup seperti kami harus mempromosikan secara besar paling tidak setahun sekali. Kuharap aku bisa membuat fans mendengar musik di basis reguler, seperti jika aku datang dengan lagu hari ini, aku akan merekamnya hari ini dan mempostingnya besik.
Taeyang: Itu seperti konsep musik campuran. Aku suka bagaimana kita bisa saja merekam apa yang kami rasakan dan buat hari itu. Dan kuharap industri musik Korea bisa berubah sehingga kami bisa pergi lebih jauh dan menikmati musik dengan diri kami sendiri dan membagikannya. Kupikir itu hal yang baik bagi grup idola dengan pengaruh tertentu untuk membuat musik melakukan itu.
GD: Dibawah sistem Korea akhir-akhir ini, bahkan jika musik yang dibuat bukan dengan tujuan komersial akhirnya akan berakhir begitu juga. Bahkan musik yang dibuat tanpa tujuan khusus akhirnya akan menjadi musik komersial dan dipromosikan besar-besaran. Semua orang ingin mendengar musik berbeda tergantung genre dan mood mereka jadi aku yakin akan lebih menyenangkan bagi mereka untuk dapat memilih jika kami mengupload lagu tentang apa yang kami rasakan disaat tertentu.
Aku tidak suka bagaimana kamu harus selalu menunggu sebuah album begitu lama, lalu menjadi sakit karenanya setelah mendengar album sekian kali dan menunggu hingga yang baru lagi keluar. Aku merasa tidak enak pada fans ku juga. Jadi kami mempersiapkan acara menggunakan blog atau media lain untuk mengubahnya mulai tahun ini. Aku yakin akan ada perubahan besar jika mereka menunggu kami sedikit lebih lama.
Q: Terdengar seperti kau ingin menghadirkan sikap baru terhadap industri musik, tidak hanya budaya idola.
T.O.P: Sungguh memalukan jika orang mengevaluasi dan menjadi liar pada seorang seniman hanya didasari pada bagaimana lagu mereka menjawarai tangga lagu. Apa yang mereka pikirkan bisa mengalahkan orang lain berdasarkan chart. Aku tidak berpikir kita mengejar itu lagi. (I love it ^^)
Q: Itukah mengapa “TONIGHT” adalah lagu judul tapi tidak terlalu komersial? For example, saat rap T.O.P membangun klimaks dengan irama di awal lagu, Taeyang menyanyikan part berikutnya daripada kalian menyanyikannya bersama-sama.
GD: Itu adalah gaya yang diikuti Big Bang sekarang. Suasana bisa saja terbangun di syair dan meledak setelahnya, itu gayaku, tapi aku ingin mematahkannya saat ini karena aku ingin menjadi nyata. Dan daripada menyanyikan chorus nya bersama-sama, aku merasa emosi yang disampaikan akan lebih tinggi jika Taeyang yang menyanyikannya dengan suara paling menyedihkan. Versi yang masuk dalam album adalah versi dimana Taeyang bernyanyi saat ia sangat sakit. Ada versi yang lain, tapi kami memutuskan menggunakan yang ini.
Taeyang: Aku terdengar sangat sehat di versi yang satu lagu. Aku bertanya mengapa ia mengubahnya ke versi saat aku sakit, ia bilang aku melakukannya lebih baik saat menyampaikan emosi di versi ini.
GD: Ada perbedaan yang sangat halus namun pasti. Dan perbedaan halus itu terletak pada emosi yang membuat semua perbedaan.  ”TONIGHT” adalah lagu yang tidak bisa menjadi gembira. Harus terdengar gembira tapi sebenarnya sangatlah sedih dan itu keluar dengan baik. Kupikir musik yang berirama cepat, juga terasa sedih, ambigu dan melankolis adalah yang terbaik dan cocok dengan BIGBANG. Kupikir itu emosi terbaik untuk disampaikan hari-hari ini.
Q: Tapi kurasa teknik saja tidak bisa mencapai emosi itu.
GD: Ya, bukan teknik. Aku berpikir aktivitas solo semuanya sangat membantu. Aku mengarahkan semua dari mereka dan menemukan mereka telah berubah banyak jadi sangat mudah menangkap emosi mereka. Kami terdengar berbeda sekarang, kami bukan anak-anak lagi.
Taeyang: Setelah Melewati waktu, kami semakin bertumbuh, kami merasakan emosi lebih banyak dan lebih baik menyampaikannya.
Q: Jadi apakah album ini memberitahu pada publik bahwa gaya musik Big Bang telah berubah?
GD: Tidak juga… Aku hanya berharap ini terlihat sebagai jalan yang kami ambil dalam perubahan dari idola menjadi musisi. Kupikir kami yang di panggung sekarang bukanlah musisi tapi juga bukan idola. Disatu sisi, kami merasa bersalah dipanggil sebagai idola (tertawa)
T.O.P: Masih ada banyak hal yang ingin kami tunjukkan.
GD: Setelah promosi mini-album ini, kami akan tur di Jepang dan merilis album lain saat kembali. Kupikir itu akan menjadi album full yang kami pikir bekerja dengan komposer diluar YG juga jadi kupikir akan ada perbedaan disana.
Q: Terakhir, Aku penasaran apa arti Big Bang bagimu diantara aktivitas yang berhubungan dengan musik yang kau kejar. Taeyang sekali mengatakan di  ”Big Bang TV Live” bahwa kau butuh hidup sebagai dirimu sendiri yang melakukan musik tapi apakah itu artinya kau mengejar aktivitas individu berkumpul sebagai BIGBANG saat kau butuh atau itu jalan yang berkaitan dengan BIGBANG?
Taeyang: Aku percaya aku melakukan keduanya bersamaan. Kupikir keduanya berjalan bersamaan dan memiliki tujuan sama. Kami bisa memilih genre berbeda atau perbedaan rasa tapi aku percaya diakhirnya, kalau kita semua menginginkan hal yang sama dan kami berjalan di jalan itu. Kami tidak menyebar lalu berkumpul saat kami butuh, tapi merilis album solo sebagai salah satu dari member dari grup kami yang kupikir memiliki pengaruh lebih baik pada tim saat kami kembali kedalamnya.
GD: Kuharap itu juga yang dipikirkan masyarakat… Bahwa Big Bang adalah grup yang memiliki impian besar dalam pikiran ketika membicarakan musik.
Source: 10Asia / Asiae.co.kr
taken from BBUpdates
indo trans by Marsha @VIPindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

FanPage

Label

‘After School “D-NA” 20Star 2AM 2NE1 2PM 4minute a A Pink A-Ble A.N Jell AA After School Amber Andre Kim B.A.P B.Dolls B1A4 be Beast bi girl Big Bang blacklits BLock B boa Boyband baru teen top BoyFriend Brown Eyed Girl C N Blue C-Real Caramel Orange Changmin Chi-Chi Chocolate chun jung-myung co-ed coca cola Dal Shabet Dalmatian DN-A Dongho Double B 21 drama EXO F T Island F.Cuz F(x) F1rst G Dragon G.IAM G.NA gain Girls' Day GirlsBand Go dan JooYeon Goo Hye sun GP Basic Han Chaea Han Hyo joo Hangeng Heechul pic cute Henry law Heo Young Saeng HITT Hyun Bin hyuna i-me I-Pop Idol korea Infinite Inkigayo iu JaeBum jaejoong jang Jang Geun Seok Jang Geun Suk Jang Geun-suk jewelrly Ji Hoon Jiyeon Jo kwon Jung YougHwa JUNO junsu jyj JYP k K PoP Kakak-Adik Kpop kang Sora Dan Leeteuk Kangin kangta kar Kara Karina kim bum Kim Hyun JooNg Kim Hyung Joon kim Kibum kim kyu jong Kim Nam Gil Kim So Eun Kim Soo Hyun kim tae hee KISS - KBS FOTO korea kpop kyuhyun le led apple lee hogki lee Hyori lee ji hoon Lee Min Ho Lee Seung Gi leeteuk LOVE STORY THE WILL NOT END M BlaQ M1 Miss A moon geun young Moon Ji Eun Moon Joo Won MYNAME Nichun Nine Muses Orange Caramel Park Jung Min park shin hye Park Yoohwan Pic Supernova Plagiat pointen Rain rainbow Rania Sandara Park sbs Se7en secret Seo in Gook Seo In Kook seo woo Shin Se Kyung Shindong shine Shinee simon D SIstar siwon SM SNSD Song Hye Kyo Song Joong Ki soyoung SS501 sulli super Super Junior T-ara T-Max T.O.P Taeyang TAKEN The Grace TOP Touch TVxQ Twi-Light Twints twitter U-Kiss u-Know UEE ULZZANG United GirlGroup Victoria and Nichun vnt Wine Hall Venus won bin Wonder Girls wooyoung X-5 YGE Yoo Seung Ho yoochun Yoon Eun Hye Yoon Si-Yoon yoona Yunho ZE:A Zoumi