Love Indo

Sabtu, 12 Maret 2011

IFSL & netizens merespon atas surat2 Jang Ja Yeon yang katanya palsu!

Beberapa waktu lalu dokumen rahasia Jang Ja Yeon mengenai daftar ke 31 pelaku yang harus ia layani membuat geger dunia hiburan negeri ginseng.
Namun, penyelidikan National Institute of Scientific Investigation atas surat-surat yang dipercaya berisi tulisan tangan Jang Ja Yeon, mengarah pada kabar mengejutkan lain.
Pada Kamis 10 maret lalu,  Naver News melansir, surat-surat dari Jang ja Yeon yang disita dari seorang tahanan di penjara Gwangju kemungkinan besar palsu.
Dari 23 surat yang disita petugas, tujuh di antaranya terdapat garis tipis di antara stempel pos dan informasi penerima surat. Beberapa bagian dalam surat juga nampak seperti dipotong dan ditempel ke surat lain sebelum diserahkan ke petugas.
Di beberapa surat, bagian yang tercantum informasi penerima juga nampak dipotong sebesar 4 x 1 cm dan beberapa surat lainnya dilubangi dengan alat untuk melubangi kertas.

Kiri, tulisan di surat. Kanan, tulisan asli Jang Ja Yeon.
Tahanan sel penjara Gwangju –sebut saja Mr. X- ini diduga melakukannya untuk menutupi informasi pengirim dan penerima surat-surat rahasia itu.
Polisi juga meneliti 2.943 surat yang diterima dan dikirim Mr.X dari dalam penjara selama November 2003 sampai Maret 2010, namun tak satupun yang dikirim seseorang bernama Jang Ja Yeon ataupun Sulhwa, panggilan akrab Jang. Polisi juga menemukan 1000 lembar kertas berukuran A4 yang ditengarai digunakan untuk menyalin dokumen-dokumen itu.
Untuk memperoleh kemungkinan kedua, stasiun televisi SBS membawa salinan dokumen Jang Ja Yeon pada International Forensic Science Laboratory (IFSL). Hasilnya, ditayangkan di siaran berita 8 O’clock News,pada kamis 10 maret. Lee Hee Il, pimpinan IFSL memberikan pernyataan resminya mengenai hasil pemeriksaannya. Dia mengatakan, “Di surat-surat ini, cara penulisan karakter ‘yo’ dan ‘ya’ sama persis dengan kebiasaan menulis mendiang Jang Ja Yeon. Caranya menulis konsonan dan huruf vokal sama persis, ini bukti bahwa surat ini ditulis orang yang sama.”
Lebih jauh lagi SBS menambahkan, kecil kemungkinan Mr.X menulis begitu banyak surat dalam keterbatasan informasi di balik penjara. SBS melaporkan, “Rasanya tidak mungkin dia meniru tulisan Jang Ja Yeon dengan begitu sempurna hanya dengan melihat tulisan di surat wasiatnya yang dimuat di koran. Dia tidak mungkin menulis begitu banyak surat dengan informasi yang terbatas”.
Mereka melanjutkan, “Surat2 juga mengungkapkan informasi detail mengenai rencana2 agensi dan juga informasi figur2 yang dia “layani” yang orang lain tidak bisa mengetahuinya. Jika ada, surat2 menunjukkan kalau Jun mencoba yang terbaik untuk membuktikan kalau identitas Jang Ja Yeon tidak bocor melalui surat2.”

Seorang congressman dari partai demokratis baru2 ini menuntut penyidik dan polisi untuk berhenti membohongi publik mengenai dugaan yang dibuat2 ini. Dia mengatakan, “polisi sedang membodohi publik. Ini bukan pertama kalinya penyidik dan polisi pura2 mengungkapkan “informasi” pada publik tanpa ada bukti yang tepat atau informasi  sebagian kasus. Kamu harus berhenti dengan cepat. ”
Netizens juga menolak laporan2 dengan mengatakan, “Hanya karena surat2 rusak tidak berarti detail dari surat itu dibuat2.”

Pada 8 maret lalu, organisasi wanita menggelar sebuah press conference di depan gedung Ministry of Gender Equality & Family dan menuntut dibuatnya penyelidikan yang tepat.
Karena kementrian gagal mereaksi atau merespon, seorang netizens mulai membuat aksi protes diam di depan gedung kementrian kesetaraaan gender selama 2 jam pada tanggal 10 maret lalu. DIa membawa sebuah tanda yang dibaca , “Sebuah/seorang yang drai kementrian kesetaraan gender dan keluarga yang diam dalam menghadapi kontroversi  Jang Ja Yeon tidak memiliki hak untuk hidup di negara ini.”

Source + Photos: My Daily, Today Korea, Money Today, Suwon via Naver
credit: allkpop
Indo Trans: yeppopo + tabloidbintang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

FanPage

Label

‘After School “D-NA” 20Star 2AM 2NE1 2PM 4minute a A Pink A-Ble A.N Jell AA After School Amber Andre Kim B.A.P B.Dolls B1A4 be Beast bi girl Big Bang blacklits BLock B boa Boyband baru teen top BoyFriend Brown Eyed Girl C N Blue C-Real Caramel Orange Changmin Chi-Chi Chocolate chun jung-myung co-ed coca cola Dal Shabet Dalmatian DN-A Dongho Double B 21 drama EXO F T Island F.Cuz F(x) F1rst G Dragon G.IAM G.NA gain Girls' Day GirlsBand Go dan JooYeon Goo Hye sun GP Basic Han Chaea Han Hyo joo Hangeng Heechul pic cute Henry law Heo Young Saeng HITT Hyun Bin hyuna i-me I-Pop Idol korea Infinite Inkigayo iu JaeBum jaejoong jang Jang Geun Seok Jang Geun Suk Jang Geun-suk jewelrly Ji Hoon Jiyeon Jo kwon Jung YougHwa JUNO junsu jyj JYP k K PoP Kakak-Adik Kpop kang Sora Dan Leeteuk Kangin kangta kar Kara Karina kim bum Kim Hyun JooNg Kim Hyung Joon kim Kibum kim kyu jong Kim Nam Gil Kim So Eun Kim Soo Hyun kim tae hee KISS - KBS FOTO korea kpop kyuhyun le led apple lee hogki lee Hyori lee ji hoon Lee Min Ho Lee Seung Gi leeteuk LOVE STORY THE WILL NOT END M BlaQ M1 Miss A moon geun young Moon Ji Eun Moon Joo Won MYNAME Nichun Nine Muses Orange Caramel Park Jung Min park shin hye Park Yoohwan Pic Supernova Plagiat pointen Rain rainbow Rania Sandara Park sbs Se7en secret Seo in Gook Seo In Kook seo woo Shin Se Kyung Shindong shine Shinee simon D SIstar siwon SM SNSD Song Hye Kyo Song Joong Ki soyoung SS501 sulli super Super Junior T-ara T-Max T.O.P Taeyang TAKEN The Grace TOP Touch TVxQ Twi-Light Twints twitter U-Kiss u-Know UEE ULZZANG United GirlGroup Victoria and Nichun vnt Wine Hall Venus won bin Wonder Girls wooyoung X-5 YGE Yoo Seung Ho yoochun Yoon Eun Hye Yoon Si-Yoon yoona Yunho ZE:A Zoumi